Panduan Bikin Blog Di Blogspot

Dikesempatan ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana menciptakan sebuah blog di blogger dotcom dengan biaya gratis. Kita akan belajar membuat blog dengan panduan yang telah saya rangkum yang mudah-mudahan akan sangat praktis untuk temen-temen ikuti.

Caranya dapat kita mulai sekarang. yuukk..

** PERTAMA : MENDAFTARKAN DIRI DI GOOGLE **
Awalnya untuk masuk ke blogger, kita mesti login dulu di google.com. Silahkan temen-temen kunjungi http://www.blogger.com.
Atau kalau temen-temen pengin praktis langsung aja klik link ini : http://www.blogger.com dengan cara klik kanan pada link tersebut lalu pilih open link in new tab truz klik, maka kita akan mendapatkan halaman persis seperti gambar dibawah ini :truzz.. klik tanda yang bertuliskan BUAT BLOG
Nah.. sejauh ini sangat mudah bukan?? dan ini akan truz mudah lo..

**KEDUA : MELENGKAPI FORMULIR PENDAFTARAN**
Setelah kita klik tanda yang bertuliskan BUAT BLOG, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar berikut :Pada halaman ini kita diminta untuk mengisikan data-data sebagai proses menciptakan blog di blogger dotcom. Lengkapi semua data yang diminta ya...
Lebih simpelnya sebagai berikut :

1. Alamat email yang kita masukkan disini untuk mengakses blog kita nantinya apabila blog kita telah sukses terbuat., jadi tentunya kita harus sudah punya alamat email sebelumnya. Sebab email konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email kita tersebut sesaat setelah halaman ini kita selesaikan. Jika kita menggunakan email palsu atau email yang asal-asalan atau yang mungkin baru akan direncanakan dibuat, maka pendaftaran kita bisa gagal. Jadi gunakanlah alamat email yang memang sah atau valid.
Bydheway..kita bisa koq menggunakan alamat email apa saja dari google. OK

2. Lengkapi data yang lainnya (password, nama tampilan dan verifikasi kata)

3. Tandai atau klik "Saya menerima persyaratan" sebagai maksud kita setuju untuk mendapatkan sebuah blog dari blogger.com, namun ada baiknya jangan segan-segan kita membaca dolo apa syaratnya.

Setelah semua data lengkap terisi, klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

**KETIGA : MEMBERI NAMA BLOG DAN URL BLOG**
Setelah halaman formulir berhasil kita daftar, kita akan berjumpa dengan halaman selanjutnya seperti gambar berikut ini persisnya.Sekarang kita mulai membuat blog dengan mengisikan nama dan alamat blog kita.

Pada kolom Judul Blog berikan atau ketik nama sesuai keinginan kita, sebagai contoh, saya menamakan blog saya yang sedang temen-temen lihat ini dengan nama gologoh. Lalu saya memilih alamat blog dengan alamat http://gologoh.blogspot.com

Sebagai alternatif, temen-temen bisa juga menggunakan http://gologoh.blogspot.com dengan menambahkan sedikit fariasi tergantung kesenangan temen-temen.

Sekilas:
Jika temen-temen ingin membuat lensa blog dengan tujuan ingin mempromosikan produk sendiri atau produk affiliansi, maka dalam memilih nama blog harus berisikan nama produk atau jasa yang akan temen-temen tawarkan. Misalnya : Jika temen-temen ingin menjual eBook pribadi, kita bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berfikir positif, dan kata-kata kunci lainnya, atau apa aja deh., tergantung kebutuhan kita. OK

Atau kita juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (harus berhubungan dengan produk yang akan kita jual tentunya) di http://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Kita bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang akan kita pilih. Jika tersedia maka bisa dilanjutkan, jika tidak tersedia maka kita harus lebih sedikit kreatif lagi mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abd, 223, xyt dan bisa juga menyisipkan nama kita.

Nah.. setelah nama blog dan URL blog cocok, langsung kita klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

**KEEMPAT : MEMILIH DESAIN BLOG TEMPLATE**
Sukses? tentu aja sukses, memang mudah kalee koq. Jika sukses kita akan diarahkan ke halaman seperti dibawah ini :Pilihlah tema atau template sesuai dengan selera kita, jika tidak ada yang sesuai dengan selera kita, jangan kuatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa di install sendiri.
Namun untuk saat ini pilih aja salah satu tema agar proses pembuatan blog kita bisa terselesaikan. Kita bisa preview tema dengan mengklik gambarnya.

Untuk memilih tema kita tinggal klik bulatannya (0) seperti pada gambar diatas. Lihat yang kayak saya tunjuk dengan tanda panah merah.

Setelah itu kita klik lagi tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

Belajar membuat blog selesai
Sekarang tinggal posting, pengaturan dan tata letak
Selamat, sekarang kita sudah meiliki sebuah blog dan kita bisa langsung memposting pemikiran kita di blog pribadi kita dan bersiap untuk disebarkan ke seluruh dunia (eh Indonesia dulu kalee)

Memang masih ada beberapa hal yang harus kita lakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan elemen dan penggantian tema jika kita menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjutnya.

Tapi setidaknya kita semua telah memiliki sebuah blog dan bisa langsung posting.

Semoga bermanfaat ya...
Salam ngeblog.

0 comments:

      investama    Reviewmu.com